Mengapa auditor perlu memiliki keterampilan berkomunikasi ?

Peran auditor  didalam pengendalian internal adalah membantu mengendalikan operasional perusahaan dalam mencapai tujuan organisasi melalui fungsi assurance dan consulting. Peran tersebut diharapkan dapat menghemat waktu manajemen untuk lebih memikirkan hal – hal yang lebih  strategis.

Peran auditor saat ini diharapkan bergeser dari sekedar Watchdog menjadi Guardian angel, artinya dari yang dulunya dipersepsikan sebagai orang yang mencari kesalahan menjadi sebagai konsultan yang diharapkan memberikan nilai tambah bagi auditee dan organisasi dalam membantu mencapai tujuan organisasi. Peran auditor diharapkan dapat membantu manajemen dalam hal sebagai sebagai berikut (Fondasi audit internal, YPIA 2008):

  1. Memonitor aktivitas.
  2. Mengidentifikasi dan meminimal risiko.
  3. Membantu menemukan masalah operasional dan memberikan rekomendasi perbaikan.
  4. Mereview kegiatan yang sudah berlalu dan sedang berjalan.
  5. Membantu proses pengambilan keputusan.
  6. Memvalidasi laporan untuk manajemen senior.

Dalam melaksanakan tugasnya, auditor tidak selalu dipersepsikan positif oleh auditee (pihak yang di audit), auditor lebih terkesan “memeriksa” dan mencari kesalahan dibandingkan “membantu” mengendalikan risiko operasional, terlebih lagi bila dalam pelaksanaanya auditor masih menggunakan cara-cara yang belum sesuai dengan konsep Strategic Business Partner, yaitu  sebagai partner auditee dalam mencapai tujuan organisasi.

Komunikasi yang efektif antara auditor dan auditee menjadi sangat penting dalam kaitannya dengan tujuan organisasi. Dilihat dari sisi tujuan berdasarkan fungsi masing masing, kegagalan komunikasi antara auditor dan auditee dapat juga terjadi ketika baik auditor maupun auditee hanya melihat dari fungsi masing-masing, bukan dari sisi tujuan organisasi secara keseluruhan. Sebagai contoh tujuan fungsi bisnis adalah ekspansi kredit sedangkan tujuan fungsi audit adalah dari sisi kontrol pengendalian agar ekspansi bisnis dilakukan dengan prinsip kehati-hatian, akibatnya sering terjadi auditee  menganggap auditor hanya menghambat kinerja bisnis auditee.

Oleh karena inti dari komunikasi adalah persepsi, maka pemahaman terhadap pengaruh persepsi terhadap komunikasi yang efektif menjadi sangat penting. Persepsi negatif terhadap auditor dapat berdampak kepada kegagalan komunikasi antara auditor dengan auditee,dan kegagalan komunikasi pada akhirnya akan berujung pada kegagalan pencapaian tujuan organisasi secara keseluruhan, terlebih lagi komunikasi terjadi pada semua tahapan audit baik dengan  auditee maupun dengan pihak eksternal

Persepsi terhadap manusia sifatnya dinamis, dan perubahan persepsi dapat terjadi tidak hanya karena faktor verbal dan non verbal, namun juga dipengaruhi oleh adanya upaya dari individu untuk menampilkan petunjuk petunjuk tertentu untuk menimbulkan kesan tertentu dari pihak lain atau lawan bicaranya. Irving Goffman pencetus teori Dramaturgi  menyebut proses ini dengan pengelolaan kesan (impression management). Seseorang dengan status sebagai auditorsecara sadar atau tidak sadar akan tampil sesuai dengan statusnya sebagai seorang auditor, termasuk gaya bertingkah laku, cara berbicara dan atribut penampilan sesuai dengan konsep diri auditoryang diyakininya, sebaliknya bila seorang auditor berpenampilan seperti seorang seniman dan bertato, maka sudah dapat dipastikan auditee akan melihat kejanggalan pada auditor tersebut.

Perilaku seseorang dalam komunikasi interpersonalsangat mempengaruhi persepsi interpersonal. Bila seorang auditeediberitahu bahwa auditor yang akan memeriksanya mempunyai karakter mudah tersinggung dan sering memberikan menyalahkan auditee, maka dapat dipastikan perilaku  auditeetersebut akan sangat berhati-hati dan cenderung tertutup. 

Bagaimana caranya agar komunikasi auditor dan auditee berjalan harmonis ? Langkah pertama adalah auditorharus membangun persepsi positif auditee terhadap auditor antara lain dengan meningkatkan ketrampilan komunikasi interpersonal (interpersonal skills),termasuk didalamnya teknik impression management.

Prepared by TIMWORK Training@2019

No Comments

Leave a Reply

KONTAK KAMI


Silakan Hubungi Kami Untuk Meninggalkan Pesan

Nama Anda (wajib diisi)

Email Anda (wajib diisi)

Judul Pesan(wajib diisi)

Isi Pesan (wajib diisi)

Alamat:

Jl.Citarum No.27

Bandung  40115

Telepon:

+62 878 8596 6456

+62 812 7557 234

+62 815 6329 7868

Jam :

Senin - Jum'at 09.00 - 17.00

Lebih Dekat Dengan Kami
© PT Tri Inspirasi Mughni - 2019 All Rights Reserved.